Senin, 06 Desember 2010

MATERI BU ERNA TENTANG BALANCE SCORECADR
Statement
• Balanced Scorecard sebagai suatu kerangka kerja tindakan strategis
• Balanced Scorecard tidak hanya sekedar alat pengukur kinerja perusahaari tetapi merupakan suatu bentuk transformasi strategik secara total kepada seluruh tingkatan dalam organisasi.
• Dengan pengukuran kinerja yang komprehensiftidak hanya merupakan ukuran-ukuran keuangan tetapi penggabungan ukuranukuran keuangan dan non keuangan maka perusahaan dapat menjalankan bisnisnya dengan lebih baik.
Tujuan BS
Untuk menunjang proses manajemen
(dikembangkan oleh Norton pada tahun 1990)
Suatu ukuran yang cukup komprehensif dalam mewujudkan kinerja, yang mana keberhasilan keuangan yang dicapai perusahaan bersifat jangka panjang (Mulyadi dan Johny Setyawan,’
1999).
Mengintip sistem kerja
“Balance Scorecard”
1. Perspektif Keuangan
2. Perspektif Pelanggan
3. Perspektif Proses bisns internal
4. Perspektif Proses Pebelajaran dan Pertumbuhan.
Perspektif dalam Balance Scorecard
rperspektif Perspektif
Keuangan Pelanggan
Perspektif Proses bisnis internal Perspektif proses pebelajaran dan pertumbuhan
Bi1a
Bila
Empat perspektif untuk mengukur
kinerja Sekolah
U/ menjawab pertanyaan pokok (Kaplan dan Norton, 1996)
• Bagaimana penampilan • Perspektif Keuangan
keuangan sekolah dimata
Yayasan
Perspektif Pelanggan
(Kesesuaian hasH yg didapat)
• Bagaimana pandangan para siswa terhadap sekolah?
• Apa yang menjadi • Perspektif proses internal
keunggulan Sekolah?
• Apa perbaikan yang terus • Perspektif pembelajaran dan
menerus dilakukan, dan apa pertumbuhan
penciptakan nilai secara berkesinambungan?
Kartu Kesimbangan
SDM/ Organisasi
• Balance Scorecard (Kartu skor), yang akan diwujudkan personiL! organisasi di masa depan dibandingkan dengan hasil kinerja sesungguhnya.
• Hasil perbandingan mi digunakan untuk melakukan evaluasi atas kinerja personil /
organisasi yang bersangkutan.
• Kinerja personil / organisasi diukur secara berimbang.
Aspek Perimbangan
a Dua aspek Scorecard dan Penilai:
a. Keuangan dan non keuangan,
b. Jangka pendek dan jangka panjang,
c. Intern dan ekstern.
Dan sisi yang dinilai:
Personil yg dinilai harus mempertimbangkan keseimbangan antara tuntutan tersebut di atasAspek Perimbangan
a Dua aspek Scorecard dan Penilai:
a. Keuangan dan non keuangan,
b. Jangka pendek dan jangka panjang,
c. Intern dan ekstern.
Dan sisi yang dinilai:
Personil yg dinilai harus mempertimbangkan keseimbangan antara tuntutan tersebut di atasStatement
• Balanced scorecard memperkenalkan empat proses manajemen yang baru, yang terbagi dan terkombinasi antara tujuan strategikjangka panjang dengan peristiwa-peristiwa jangka pendek. Keempat proses tersebut adalah (Kaplan dan Norton, 1996):
Menterj emahkan:
Visi, Misi dan Strategi Organisasi
• Untuk menentukan ukuran kinerja, Visi organisasi perlu dijabarkan dalam tujuan dan sasaran.
• Visi adalah gambaran kondisi yang akan diwujudkan oleh Organisasi di masa mendatang.
• Untuk mewujudkan kondisi yang digambarkan dalam visi, organisasI perlu merumuskan strategi.
• Tujuan mi menjadi salah satu landasan bagi perumusan strategi untuk mewujudkannya.
• Dalam proses perencanaan strategik, tujuan mi kemudian dijabarkan ke dalam sasaran strategik dengan ukuran pencapaiannya.

Tugas Pimpinan
• Memperjelas dan Menerjemahkan Vlsi dan Strategi Menghasilkan Konsensus
• Merencanakan dan Menetapkan sasaran
• Memadukan inisiatif strategis
• Mengalokasikan sumber daya
• Menetapkan tonggak-tonggak penting
• Mendidik dan Menetapkan tujuan Organ isasi
• Mengkaitkan imbalan dengan ukuran kinerja Balanced scorecard
• Mengartikulasikan isi bersama
• Memberikan umpan baNk strategis
• Memfasilitasi kegiatan
• Memaksimumkan arus KAS
21/11/2010
Harvest (Cash Flow Maximum)
Tujuan utama dalam tahap ini adalah memaksimumkan arus kas yang masuk ke perusahaan. Sasaran keuangan untuk harvest adalah cash flow maksimum yang mampu dikembalikan dan investasi dimasa lalu.
Score Card +Alat
• Balance Score Card +Alat untuk menghitung seberapa besar kontribusi SDM terhadap lembaga.
• Malcom Baidrige, adalah sistem audit dimana Auditomya hrs dan Amerika.
• ISO, adalah sistem hitung intemasional di mana auditornya harus bertaraf intemasional
21/Il
Performance Measurement
Balanced Scorecard Framework
What mustwe... excel at?.
L
Objectives Targets Objectives Targets
Measures Initiatives Measures Initiatives
jati0n2
Objectives Targets
I Measures Initiatives
Pqapted from Huw can siis.ainr abdlty
‘n:dSorecard .. ;. ... ...
1621/Il

Tidak ada komentar:

Posting Komentar